Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Arduino Menurut Para Ahli, Wikipedia, dan Brainly

Pengertian arduino

Beberapa diantara kamu mungkin masih ada yang belum tahu apa pengertian Arduino menurut para ahli, wikipedia, dan brainly.

Apa itu Arduino? Definisi Arduino secara umum adalah suatu platform yang terdiri atas software IDE dan hardware berupa board mikrokontroler yang dapat memungkinkan penggunanya mengkreasikan alat elektronik.

Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian Arduino secara mendalam menurut tiga kategori.

Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi kamu, khususnya yang sedang melakukan studi atau penelitian terkait Arduino.

Saya berharap dengan adanya postingan ini, kamu bisa lebih mudah dalam memahami dan menemukan referensi tentang pengertian Arduino.


Pengertian Arduino Dasar

Sebelum membahas pengertian Arduino, terlebih dahulu kamu harus mengetahui beberapa makna kata berikut ini.

  • Mikrokontroler, pengertian mikrokontroler menurut para ahli adalah suatu chip yang bisa diprogram dengan komputer dan berperan sebagai otak yang mengendalikan input dan output.
  • Single Board, adalah modul elektronik yang bentuk dan komponennya sudah jadi dan siap pakai. Jadi kita tak perlu lagi repot-repot menyolder ini itu serta memikirkan bagaimana rangkaiannya.
  • Open Source, maksudnya adalah suatu perangkat yang bisa dikembangkan dan dibuat oleh siapa saja. Jadi tak ada hukum yang akan melarangmu jika ingin mengembangkannya.
  • Software, pengertian software Arduino adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat program khusus Arduino.
  • Platform, pengertian platform menurut para ahli adalah suatu wadah atau program yang dikhususkan untuk mengeksekusi suatu project.
  • Wiring Platform, adalah suatu platform elektronik open source yang terdiri atas tiga komponen yaitu hardware, software IDE (Integrated Development Environment), dan bahasa pemrogramannya sendiri.
  • Syntax, merupakan suatu aturan yang wajib dipenuhi programmer dalam menuliskan kode agar bisa berhasil dijalankan.
  • Library, adalah kumpulan kode dalam satu paket yang fungsinya untuk memudahkan pengguna dalam penulisan program di Arduino. Jadi pengguna tak perlu lagi mengetikkan kode panjang, melainkan hanya perlu mengimpor saja.

Jika telah mengetahui semua istilah tersebut, saatnya kita membahas pengertian dasar Arduino. yaitu seperti di bawah ini.

Arduino adalah suatu mikrokontroler single-board open source yang diturunkan dari wiring platform dengan bahasa pemrograman syntax dan library yang fungsinya untuk mengontrol semua aktivitas dalam sistem kontrol yang telah didesain.

Selain itu, ada juga yang mendefinisikan Arduino sebagai berikut:

Arduino merupakan suatu platform elektronik berlisensi open source yang terdiri atas hardware dan software yang memungkinkan siapa pun untuk membuat prototype rangkaian elektronik berbasis mikrokontroler dengan mudah, cepat dan murah.


Pengertian Arduino Menurut Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian menurut ahli tentang Arduino yang didapatkan dari Google Cendekia.

  • Menurut Djuandi, F dalam bukunya yang berjudul “Pengenalan Arduino” menjelaskan bahwa Arduino adalah sebuah platform dari physical computing yang sifatnya open source.
  • Menurut Kadir (2016) dalam bukunya yang berjudul “Simulasi Arduino” berpendapat bahwa Arduino merupakan perangkat keras sekaligus sebagai perangkat lunak yang memungkinkan siapa pun untuk membuat prototype rangkaian elektronik berbasis mikrokontroler dengan mudah dan cepat.
  • Menurut Sulaiman (2012), Arduino yaitu platform yang terdiri atas hardware dan software.
  • Menurut Budiharto, W (2010), Arduino merupakan suatu papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya menggunakan komponen utama berupa chip mikrokontroler jenis AVR yang diproduksi oleh perusahaan Atmel.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa:

Arduino adalah suatu platform yang terdiri atas hardware dan software open source yang memungkinkan siapapun untuk membuat prototype rangkaian elektronik dengan mudah dan cepat. Dimana komponen utama hardware-nya adalah chip mikrokontroler jenis AVR dari perusahaan Atmel.


Pengertian Arduino: Wikipedia

Jika melihat situs Wikipedia, kamu akan menemukan beberapa poin penting dalam penjelasannya seputar pengertian dari Arduino. Yaitu sebagai berikut:

  • Merupakan pengendali mikro single-board yang sifatnya terbuka dan diturunkan dari wiring platform.
  • Arduino sangat cocok untuk siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berbasiskan hardware dan software yang gampang digunakan.
  • Arduino adalah jenis mikrokontroler yang berasal dari keluarga AVR yang dirilis oleh Atmel sebagai basis.
  • Perangkat keras Arduino memiliki prosesor Atmel AVR.
  • Software yang digunakan adalah Arduino IDE dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino yang syntax-nya mirip dengan bahasa pemrograman C.
  • Agar lebih fleksibel, program Arduino dimasukkan melalui bootloader walaupun ada pilihan untuk mem-bypass bootloader dan menggunakan pengunduh untuk memprogram mikrokontroler melalui port ISP.

Dari beberapa poin tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian Arduino menurut Wikipedia yaitu:

Arduino adalah mikro single board yang sifatnya terbuka, gampang digunakan, diturunkan dari wiring platform dan sangat cocok untuk siapa saja yang ingin membuat purwarupa peralatan elektronik interaktif berbasiskan hardware dan software. Hardware-nya menggunakan jenis mikrokontroler dari Atmel AVR. Sedangkan software-nya adalah Arduino IDE yang menggunakan bahasa pemrograman C yang telah disederhanakan serta dilengkapi dengan library dan bootloader-nya sendiri.


Pengertian Arduino: Brainly

Dari pengertian yang saya temukan tentang apa itu Arduino brainly, sebagian besar jawabannya mengacu pada satu pengertian. Yaitu sebagai berikut.

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Dimana hardware-nya menggunakan prosesor Atmel AVR dan software-nya memiliki bahasa pemrograman sendiri.


Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya terkait pengertian Arduino. Semoga apa yang saya posting ini bisa bermanfaat bagi kamu maupun orang banyak.

Bilamana ada yang ingin kamu tanyakan, maka tak usah ragu untuk mencurahkannya di kolom komentar. 99% akan saya jawab. Terima kasih!


Jangan Lewatkan:

Posting Komentar untuk "Pengertian Arduino Menurut Para Ahli, Wikipedia, dan Brainly"