Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Kegunaan Arduino Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Arduino adalah, fungsi dari arduino, manfaat arduino, kegunaan arduino dalam kehidupan sehari-hari

Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang fungsi Arduino. Alasannya karena masih banyak teman-teman sekalian, atau mungkin juga kamu yang belum tahu sama sekali tentang fungsi dari Arduino.

Jika mencari referensi di internet, mungkin kamu akan dibuat bingung dengan beberapa istilah yang masih berkaitan dengan fungsi pada Arduino. Istilah tersebut adalah manfaat Arduino dan kegunaan Arduino.

Sekilas, antara fungsi, manfaat, dan kegunaan Arduino terdengar berbeda. Namun dari segi makna mengacu pada suatu hal yang sama. Yaitu apa saja yang bisa dibuat dengan Arduino.

Jadi, apabila kamu mencari fungsi Arduino, maka kemungkinan besar kamu akan berpapasan dengan manfaat dan kegunaan dari Arduino. Ini karena ketiga hal tersebut saling berkaitan.

Nah, disini saya akan menjelaskan fungsi dari Arduino dalam tiga poin. Yaitu sebagai berikut:


Fungsi Dibuatnya Arduino

Fungsi utama Arduino diciptakan oleh para developer adalah untuk memudahkan pengguna dalam membuat proyek elektronika. Terutama dalam dua hal, yaitu:

  1. Mempermudah Pembuatan Rangkaian
  2. Dengan menggunakan Arduino, maka kamu akan lebih mudah dalam membuat rangkaian. Ini karena Arduino memungkinkan kita untuk merakit komponen elektronika tanpa harus repot-repot melakukan penyolderan.

    Rangkaian Arduino yang dipadukan dengan kabel jumper dan breadboard, memungkinkanmu untuk membuat rangkaian dengan sistem colok sana sini.

    Apabila ada kabel yang salah pasang, sangat mudah untuk memperbaikinya. Kamu hanya perlu mencabut dan memasangnya lagi semudah menancapkan jarum ke roti.

    Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa Arduino adalah solusi praktis untuk siapapun yang masih pemula dan ingin belajar seputar elektronika dan robot.

  3. Mempermudah Penulisan dan Upload Program
  4. Fungsi yang kedua adalah mempermudah penulisan program dan proses upload-nya ke papan sirkuit Arduino.

    Mengapa demikian?

    Karena Arduino telah menciptakan software khusus yang bernama Arduino IDE yang sudah dilengkapi dengan library. Yaitu suatu paketan kode yang terdiri atas perintah khusus yang rumit dan akan sangat melelahkan bila diketik manual.
    Jadi bisa dibayangkan kalau tidak ada sistem library ini. Tentunya kita akan dibuat sangat kerepotan untuk mengetikkan program rumit dan memusingkan kepala itu.

    Untuk mendapatkan library, kamu bisa mengunduhnya langsung dari menu yang ada di software Arduino IDE.

    Adapun untuk penggunaanya, kamu hanya perlu memasukkan perintah import pada halaman penulisan kode Arduino.

Fungsi Arduino Dalam Rangkaian

Jika dikaitkan dengan peranannya dalam rangkaian, fungsi Arduino adalah sebagai pusat pemrosesan atau otak yang mengatur data dari perangkat input dan data ke perangkat output.

Perangkat input atau perangkat masukan adalah perangkat yang membaca data berdasarkan hasil pengukuran tertentu lalu meneruskannya ke Arduino untuk diproses.

Beberapa contoh perangkat input seperti berbagai macam sensor, pembaca memori card, pembaca simcard, dan sejenisnya.

Sementara contoh perangkat output atau perangkat keluaran adalah perangkat yang menerima data dari Arduino yang telah diproses. Contohnya seperti buzzer, LED, servo, relay, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, baik itu arduino Uno R3, Nano, Mega, Due, Pro Mini, Leonardo, maupun yang Lilypad memiliki fungsi yang sama.

Yaitu sebagai otak atau pusat pemrosesan data yang didapatkan dari sensor untuk diteruskan ke komponen aktuator (perangkat output).

Bila masih terlalu rumit untuk dipahami, saya akan menjelaskannya dalam bentuk cerita.

Misalkan kamu ingin membuat rangkaian yang komponen utamanya adalah sensor cahaya, Arduino, dan lampu LED.

Adapun kondisi yang diinginkan adalah ketika sensor cahaya mendeteksi gelap, maka lampu LED akan menyala. Begitu pun sebaliknya, jika sensor mendeteksi terang maka lampu mati.

Disini, fungsi utama Arduino adalah menerima dan memproses data yang didapat dari sensor cahaya. Kemudian data hasil prosesnya diteruskan ke LED sebagai output.

Sehingga bisa dikatakan bahwa:

Sensor cahaya = perangkat inputan (masukan)

Arduino = mikrokontroler (otak yang memproses data)

Lampu LED = perangkat outputan (keluaran)

Ketika Arduino mendapatkan data dari sensor cahaya, terlebih dahulu Arduino akan melakukan pemrosesan data.

Apakah data dari sensor ini sesuai dengan kondisi yang ada di perintah atau tidak. Jika iya maka Arduino akan memberikan perintah ke lampu untuk menyala. Dan Jika tidak maka Arduino akan memberikan perintah ke lampu untuk mati.

Baca Juga :

Fungsi Mempelajari Arduino

Mempelajari Arduino tak ada ruginya. Ada banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan dengan mempelajarinya. Berikut ini adalah beberapa kegunaan yang bisa kamu fungsikan bila menguasai Arduino.

  1. Membuat Proyek yang Dapat Memudahkan Pekerjaan Sehari-hari
  2. Fungsi yang paling utama dari belajar Arduino adalah memudahkan dan membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari melalui project yang dibuat.

    Dengan mempelajari Arduino, kamu bisa membuat suatu produk sejenis robot yang bisa mengerjakan suatu pekerjaan secara otomatis tanpa dibantu oleh manusia.

    Beberapa contoh alat atau produk yang saya maksud antara lain:
    • Alat monitoring dan pengatur suhu serta kelembaban ruangan.
    • Sensor detak jantung untuk mendeteksi gejala penyakit jantung.
    • Mengontrol peralatan elektronik yang ada di rumah dengan smartphone.
    • Tempat sampah yang bisa terbuka otomatis saat ada orang di depannya dan berbunyi saat sudah penuh.
    • Alat penyiraman tanaman otomatis menggunakan Arduino mega 2560.
    • Alat pengukur tingkat keasinan air laut.
    • Alat pengontrol kelembaban di penetas telur.
    • Jam waktu sholat digital
    • Jendela dan gerbang yang otomatis terbuka dan tertutup.
    • Kipas angin otomatis.
    • Alat pendeteksi rampok dengan Arduino Leonardo.
    • Alat jemuran pakaian otomatis.
    • Alarm timer Adzan otomatis.
    • Robot pembersih lantai dengan Arduino Nano.
    • Alat pendeteksi kebocoran gas LPG dengan Arduino Uno R3.
    • Kran air otomatis
    • Lampu rumah yang menyala otomatis saat malam hari dan mati saat siang hari.
    • Alat bantu jalan untuk tunanetra.
    • Mengontrol perangkat elektronik dengan SMS, bluetooth, dan jaringan LAN.
    • Alat penyortir benda berwarna khusus.
    • Robot yang bisa menggambar sendiri.
    • Serta produk berbasis IOT lainnya.

  3. Sebagai Instrumen Untuk Penelitian dan Tugas Akhir
  4. Untuk kamu mahasiswa teknik informatika yang bingung mau ambil judul apa untuk tugas akhir, tak ada salahnya mencoba memilih judul seputar Arduino.

    Karena terkadang judul seputar Arduino bagi dosen adalah sesuatu yang wow dan keren. Selain itu, untuk membuat proyek dari Arduino pun tak sesulit yang dibayangkan.

    Kamu bisa belajar dari jurnal-jurnal online yang membahas tentang Arduino, tutorial dari Youtube, atau dari website-website hasil pencarian Google yang membahas hal serupa.

    Tak hanya itu saja, kamu juga bisa dimudahkan dalam pembuatan programnya karena di Arduino IDE sudah dilengkapi dengan library-library yang banyak dan gratis.

  5. Media Penyaluran Kreativitas dan Imajinasi
  6. Bagi yang punya daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi, bisa loh menuangkannya dalam bentuk berkreasi dengan Arduino untuk membuat project unik yang belum pernah dibuat orang lain.

    Entah itu berupa proyek robot, alat monitoring, sistem otomatis, maupun sistem kontrol jarak jauh yang kiranya bisa membantu pekerjaan manusia.

    Bahkan kamu juga bisa membuat produk berkualitas bernilai estetika dari bahan daur ulang yang melibatkan Arduino.

    Intinya, dengan menggunakan Arduino kamu bisa bebas berkreasi sesuka hati untuk membuat segala sesuatu berdasarkan imajinasimu.

  7. Sebagai Media Belajar Komponen Elektronika Bagi Pemula
  8. Belajar Arduino adalah pilihan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar seputar elektronika dan hobi mengutak-atik alat elektronik.

    Pasalnya, Arduino memang dibuat dan dirancang khusus bagi siapapun yang ingin belajar seputar elektronika.

    Apalagi Arduino tak akan merepotkanmu untuk melakukan kegiatan solder-menyolder. Pokoknya tinggal langsung colok kabel saja. Jadi gampang jika ingin dibongkar pasang.

  9. Sebagai Instrumen Latihan Untuk Membuat Proyek Teknologi Keren Seperti Iron Man
  10. Siapa sih yang tak kenal Tony Stark, pemeran film Iron Man yang sangat keren dengan teknologi-teknologi buatannya.

    Beberapa orang termasuk juga saya, pernah bermimpi ingin menjadi seperti Tony Stark. Bisa membuat produk-produk berteknologi canggih di rumah sendiri.

    Memang sih butuh keajaiban yang luar biasa agar hidup kita seperti Tony Stark.

    Tetapi ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk minimal bisa lah mengerjakan sesuatu yang mirip-mirip dengan pekerjaan Tony Stark, yaitu merakit produk elektronik sendiri.

    Kamu bisa merakit produk elektronik sendiri di rumah layaknya Tony Stark dengan menggunakan Arduino dan beberapa komponen pelengkapnya.

    Bahkan kamu juga bisa membuat robot, alat yang bekerja otomatis, maupun hal keren lainnya. Intinya apapun bisa kamu buat menurut imajinasimu.

  11. Sebagai Sumber Penghasilan
  12. Fungsi terakhir mengapa seseorang mempelajari Arduino adalah dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

    Percaya atau tidak, kamu bisa kok dapat uang dari Arduino. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh penghasilan yaitu:
    • Membuka kursus online
    • Menjual alat-alat Arduino
    • Membuat suatu produk Arduino lalu menjualnya dengan harga terjangkau
    • Membuat tutorial di Youtube
    • Menulis di blog
    Untuk mendapatkan uang dari Arduino sebenarnya tak hanya sampai di situ saja. Masih ada banyak peluang bagus lainnya dari Arduino yang bisa membuatmu berpenghasilan tinggi jika dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Penutup

Kira-kira seperti demikianlah penjelasan dari saya seputar fungsi Arduino. Bilamana ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, tak usah ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Pokoknya 99% akan saya jawab.

2 komentar untuk "Fungsi dan Kegunaan Arduino Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

  1. Kalau mesin scroll sow dilengkapi dg arduino bisakah,jd kita tidak repot-repot membuat nama secara manual tinggal klik tombol mesin berjalan dg sendirinya.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sangat bisa mas, hanya butuh komponen tambahan berupa relay

      Hapus