Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arduino Uno : Pengertian, Fungsi, Pemrograman, dan Harga

Arduino Uno

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Arduino memiliki banyak jenis, dimana salah satunya adalah Arduino Uno.

Namun untuk sebagian orang, masih ada juga yang belum terlalu paham tentang Arduino Uno. Ini terbukti dari banyaknya teman-teman di sosial media maupun forum belajar lainnya yang bertanya seputar pengertian maupun penjelasan lain tentang Arduino versi Uno.

Maka dari itu, dalam postingan ini saya bermaksud untuk membahas secara lengkap tentang Arduino Uno agar semua orang yang membaca tak akan asing lagi dengan Arduino Uno.


Arduino Uno adalah?

Singkatnya, Arduino Uno merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis papan sirkuit Arduino.

Sekaligus sebagai produk pertama yang dirilis oleh pihak Arduino sendiri. Ini ditandai dengan penggunaan kata “Uno” yang dalam bahasa Italia artinya satu atau pertama.

Pada papan sirkuit Arduino Uno, di dalamnya sudah tertanam chip mikrokontroler Atmega328 sebagai otak dari komponennya.

Pengertian Arduino Uno Menurut Para Ahli

  • Menurut Abdul Kadir, Arduino Uno merupakan salah satu produk yang berlabelkan Arduino dan merupakan suatu papan elektronik yang mengandung mikrokontroler Atmega328 (sebuah keping yang secara fungsional bertindak sebagai komputer).
  • Menurut Feri Djuandi, Arduino Uno adalah sebuah board mikrokontroler yang berbasis Atmega328, memiliki 14 pin input/output yang mana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM, 6 analog input, crystal osilator 16 MHz, port USB, power jack, ICSP header, dan sebuah tombol reset.

Fungsi Arduino Uno

Pada dasarnya, fungsi yang dimiliki Arduino secara umum semuanya sama dengan fungsi pada Arduino Uno.

Yaitu untuk memudahkan penggunanya dalam mengendalikan komponen elektronika dengan program seperti LED, motor DC, relay, servo, modul, dan segala jenis sensor.

Tentu saja dengan tujuan untuk membuat suatu produk yang canggih dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Entah itu dengan membuat alat yang dapat bekerja otomatis, monitoring, maupun untuk pengontrolan. Pokoknya semua karya tersebut bisa diciptakan dengan mudah, murah, dan menyenangkan.

Arduino Uno Pin

Arduino tipe Uno telah dilengkapi dengan 14 pin input output digital yang 6 diantaranya dapat digunakan sebagai output PWM.

Selain itu, Arduino tipe Uno juga memiliki 6 pin input analog yang dapat digunakan untuk perangkat-perangkat penghasil sinyal analog.

Bukan hanya itu saja, ada pula yang disebut dengan pin reset, ground, VCC, IOREF, AREF, SDA, dan pin SCL.

Semua pin tersebut masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya pada artikel Arduino Uno pinout.

Arduino Uno Datasheet

Arduino Uno merupakan papan sirkuit yang didalamnya terdapat banyak komponen. Beberapa diantaranya yaitu kristal osilator 16 MHz, port USB, power jack, header ICSP, dan sebuah tombol reset.

Intinya semua komponen tersebut saling berhubungan dan bekerja sama agar Arduino dapat digunakan serta berfungsi dengan baik.

Apabila kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh tentang komponen Arduino dan cara kerjanya, kamu bisa membacanya di Arduino Uno datasheet.

Kabel Arduino Uno

Apabila membeli sebuah papan sirkuit Arduino, biasanya di dalamnya sudah terdapat kabel khususnya berwarna biru cerah dengan ujung konektor USB tipe A ke tipe B.

Jika diperhatikan, bentuknya hampir sama dengan yang digunakan pada printer inkjet.

Fungsi utama dari kabel ini adalah untuk mengupload sketch yang telah dibuat dari komputer ke Arduino.

Namun beberapa orang kadang hanya menggunakannya sebagai penghubung Arduino ke sumber daya.

Pemrograman Arduino Uno

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya-tanya, Arduino Uno menggunakan bahasa pemrograman apa?

Yaitu bahasa pemrograman C. Namun versinya sudah lebih disederhanakan dan telah dilengkapi dengan library. Sehingga untuk memprogram Arduino bukanlah hal sulit lagi.

Bahasa pemrograman ini nantinya akan diketikkan pada suatu software khusus bernama Arduino IDE.

Nantinya, software ini akan berperan sebagai teks editor dan media untuk meng-upload program dari komputer ke papan sirkuit Arduino.

Sifatnya yang cross platform, memungkinkannya untuk diinstal pada sistem operasi Windows, Macintosh, dan Linux.

Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk download Arduino Uno software di situs resmi Arduino agar bisa langsung praktik.

Arduino Uno Simulator

Untuk kamu yang ingin membuat project tapi belum punya Arduino Uno, tak usah khawatir. Karena sekarang sudah ada yang namanya simulator.

Yaitu sejenis aplikasi yang memungkinkan kita mendesain dan membuat rangkaian secara virtual.

Apa saja contoh software-nya? Beberapa yang sering digunakan yaitu Tinkercad, Proteus, dan Eagle. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tentang aplikasi simulator Arduino terbaik.

Harga Arduino Uno

Untuk masalah harga, tentu akan mengalami perbedaan pada tiap toko. Tetapi disini, saya akan memberikanmu tabel yang kiranya bisa jadi acuan dalam membeli produk Arduino Uno.

Bilamana ada toko yang menjual Arduino Uno melebihi perkiraan harga di bawah ini, maka harganya dapat dikategorikan tidak normal. Silahkan cek tabel berikut ini.


Jenis Arduino Harga Tempat Pembelian
Arduino Clone Rp.70.000-Rp.80.000 Shopee
Arduino Clone + Casing Rp.300.000 Blibli
Arduino Original Rp.100.000-Rp.300.000 Shopee
Arduino Clone + Starter Kit Rp.300.000-Rp.500.000 Shopee
Arduino Original + Starter Kit Rp.500.000-Rp.1.500.000 Shopee

Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya seputar Arduino Uno. Apabila ada yang dirasa kurang jelas, silahkan tuliskan di kolom komentar. Dengan senang hati akan saya jawab sebaik mungkin.

Posting Komentar untuk "Arduino Uno : Pengertian, Fungsi, Pemrograman, dan Harga"