Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Arduino dan Bagaimana Menggunakannya

Apa Itu Arduino

Bagi sebagian orang, kadang ada yang masih belum tahu apa itu Arduino. Apalagi mereka yang tak bergelut dalam bidang informatika dan elektro.

Tentunya akan kebingungan dan penasaran apa arti dan kegunaan Arduino. Jadi biar tidak gaptek, minimal kamu juga harus tahu Arduino itu apa sih.

Apa Arduino itu? Arduino adalah suatu produk dari Arduino LLC yang terdiri atas software dan hardware.

Produk ini memungkinkan siapapun untuk dapat membuat prototype perangkat elektronik yang dapat bekerja otomatis maupun dengan sistem kontrol.

Menurut Brainly, Arduino merupakan suatu pengendali mikro single-board open source dari wiring platform, yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan komponen elektronik di berbagai bidang.


Apa itu Arduino?

Inti dari apa itu Arduino adalah suatu software dan hardware yang memungkinkan kita berkreasi dan mengendalikan komponen elektronika sesuai keinginan.

Contohnya seperti mengendalikan motor DC, stepper, servo, lampu LED, buzzer, relay, RTC (Real Time Clock), dan sensor ultrasonik HC-SR04.

Selain itu, Arduino juga dapat digunakan untuk komunikasi data dengan perangkat lain. Baik itu melalui koneksi bluetooth dengan modul HC-05, maupun melalui jaringan internet dengan modul ESP8366.

Perlu kamu ketahui juga bahwa software dan hardware Arduino itu saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga suatu project akan sulit dikerjakan bila tak memenuhi kedua unsur tersebut.


Apakah Arduino itu Mikrokontroler?

Jika Arduino bisa digunakan sebagai pengontrol komponen elektronika, apakah Arduino itu mikrokontroler?

Bukan, Arduino bukanlah mikrokontroler. Tetapi di dalam Arduino memang ada chip mikrokontrolernya.

Mungkin lebih tepat jika dikatakan bahwa Arduino adalah papan sirkuit kompleks yang di dalamnya terdiri dari chip mikrokontroler dan beberapa komponen pendukungnya.


Apa Arti Arduino itu?

Sebenarnya istilah Arduino diambil dari nama bar di Italia, tepatnya di Ivrea.

Nama bar itu diambil sebagai nama platform karena di bar itulah para pembuat dan pengembang Arduino sering berkumpul untuk membahas proyek tersebut.

Arduino adalah bahasa Italia yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti “Teman yang Berani”.

Yah, memang Arduino adalah partner yang baik dan memberanikan kita untuk melakukan eksperimen dengan komponen elektronika.


Apa Kegunaan Arduino itu?

Ada banyak sekali kegunaan Arduino dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diantaranya yaitu membuat robot, alat monitoring, alat pengontrol, serta membuat suatu perangkat elektronik yang bisa bekerja secara otomatis berdasarkan pembacaan sensor.

Arduino untuk apa saja?

Beberapa contoh proyek yang bisa kamu buat seperti membuat kipas angin otomatis, sistem parkir otomatis, monitoring PH air tambak di smartphone, menyalakan alat elektronik rumah tangga di smartphone, dan masih banyak lagi.

Arduino telah bertahun-tahun jadi otak ribuan proyek dan studi ilmiah di berbagai belahan bumi.

Mulai dari pemula, penggemar robot, seniman, programmer, sampai bahkan para profesional pun menggunakan Arduino sebagai instrumen belajar maupun untuk tujuan mengembangkan perangkat elektronik.

Hal ini tak terlepas dari Arduino yang dilengkapi dengan pustaka-pustaka (library). Sehingga jauh lebih simpel, sederhana, dan lebih mudah di utak-atik.

Arduino telah dirancang khusus agar mudah digunakan.

Baik itu oleh guru, siswa, desainer, arsitek, atau siapapun yang tertarik menciptakan dan mengembangkan perangkat elektronik yang dapat diintegrasikan dengan sensor dan pengendali.


Apa itu Arduino Software?

Software pada Arduino dinamakan Arduino IDE. Apa itu software Arduino IDE? Yaitu software yang berfungsi sebagai teks editor dan memiliki tiga fungsi dasar, yaitu:

  • Menuliskan Perintah
  • Mengoreksi Perintah
  • Meng-upload Perintah

Untuk bisa menggunakan software ini, terlebih dahulu kamu harus paham sedikit tentang bahasa pemrograman Arduino, yaitu bahasa C.

Namun yang membedakannya dengan bahasa C di aplikasi lain adalah bahasa C di Arduino IDE telah disederhanakan dan dilengkapi dengan library.

Jadi tak heran jika meng-coding di Arduino IDE akan jauh lebih mudah dan cepat.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi Arduino IDE dengan men-download-nya secara gratis di situs resmi Arduino yaitu arduino.cc.


Apa itu Arduino Hardware ?

Hardware buatan Arduino LLC berbentuk board. Apa itu Arduino board? Yaitu papan sirkuit yang telah dilengkapi kabel USB khusus sebagai penghubungnya ke komputer.

Bentuk dari papan sirkuit Arduino bermacam-macam. Ada yang berukuran kecil, sedang, maupun besar.

Selain variasi ukuran, papan sirkuit Arduino juga bervariasi dalam hal kapasitas memori, harga, bentuk, tegangan operasi dan masih banyak lagi.

Intinya, beragam variasi pada papan Arduino tersebut diciptakan agar pengguna dapat memilih jenis Arduino apa sih yang mereka butuhkan berdasarkan project yang ingin dibuat.

Fungsi utama papan sirkuit Arduino dalam suatu rangkaian adalah sebagai alat pengendali fungsi komponen elektronika pendukung yang dihubungkan padanya.

Baik itu berupa perangkat input seperti sensor. Maupun perangkat output seperti buzzer, LED, dan relay.

Kamu bisa membeli papan sirkuit Arduino di beberapa toko online terkenal yang ada di Indonesia. Tinggal menyesuaikan saja jenis Arduino mana yang harganya cocok di kantongmu.


Apa itu Komponen Tambahan Arduino ?

Untuk membuat suatu project, tentunya kita tak hanya butuh Arduino IDE dan papan sirkuitnya saja.

Kita juga butuh komponen tambahan agar project bisa berjalan dengan baik. Pembagian jenis komponen tambahan ada tiga menurut versi aldyrazor.com, antara lain :

  • Komponen input, yaitu komponen yang berfungsi untuk melakukan pengukuran atau pembacaan data dimana hasilnya nanti akan dibawa ke Arduino untuk diproses lebih lanjut.  Contohnya sensor cahaya, sensor jarak, dan berbagai jenis sensor lainnya.
  • Komponen Pendukung, yaitu komponen yang fungsinya untuk memudahkan kita dalam hal membuat rangkaian. Contohnya seperti kabel jumper, breadboard, dan header pin male.
  • Komponen output, yaitu komponen yang fungsinya untuk mewujudkan atau memberikan efek keluaran berupa gerakan, cahaya, suara, dan sebagainya. beberapa contoh komponen output adalah relay, LED, buzzer, dan LCD 


Bagaimana Cara Menggunakan Arduino?

Menggunakan Arduino untuk membuat suatu project sederhana bukanlah hal sulit. Secara garis besar, kira-kira urutan langkah kerjanya seperti ini:

  • Buat desain sistem dan cara kerja alatnya seperti apa
  • Tentukan komponen tambahan apa saja yang ingin digunakan
  • Buat rangkaian yang terdiri atas papan sirkuit Arduino dan beberapa komponen tambahan
  • Hubungkan papan sirkuit ke komputer atau laptop dengan kabel USB
  • Buat script atau perintah (di Arduino IDE disebut sketch) di Arduino IDE
  • Upload sketch ke papan sirkuit Arduino
  • Selesai, tinggal lakukan pengujian dan perbaiki jika ada kesalahan.


Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya tentang apa itu Arduino. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Bila ada yang kurang dipahami, silahkan tanyakan di kolom komentar. Sebisa mungkin akan saya jawab dengan sangat baik. Terima kasih.

14 komentar untuk "Apa itu Arduino dan Bagaimana Menggunakannya"

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:



    Quantum University in Haridwar

    Krea University in Chittoor

    BML Munjal University in Gurugram

    Bennett University in Greater Noida

    Azim Premji University in Bangalore

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. North Dakota Gov. Doug Burgum mentioned he doesn't consider there is a "clear authorized path" for him to unilaterally broaden North Dakota's gambling laws to permit the 5 tribes to host web betting throughout the state. Secondary addictions can also occur in an effort to scale back back} the negative feelings created by the gambling dependancy. However, some individuals who gamble by no means experience any other dependancy. Because of its dangerous penalties, gambling dependancy has turn into a significant public health concern in lots of} nations. In the months after he was fired, Stevens tried taking the antidepressant Paxil and saw a therapist, but he did not admit to Stacy that he was still gambling nearly every 카지노사이트 day.

    BalasHapus
  6. It's a fascinating piece! I was hunting for information on this topic, and this post provided me with a lot of it. Thank you for sharing your knowledge.
    Abogados Divorcio Mclean VA
    find a bankruptcy attorney near me

    BalasHapus
  7. Unlock your dream home with Santander's home improvement loans, designed to turn your visions into reality with competitive rates and hassle-free application process. @ personal loan santander

    BalasHapus
  8. Thank you for sharing such good information. It's very useful to us.bankruptcy lawyers near my location.

    BalasHapus
  9. Thanks for sharing valuable content from in this blog. Sex Crime Lawyer.

    BalasHapus
  10. Thank you very much for this good information. It is very useful for us.Abogado Criminal Firma DC.

    BalasHapus
  11. The information Arduino It's reasonable and succinct, making it simple for fledglings to get a handle on. Much thanks to you for offering helpful data to us. if it's not too much trouble, continue to share like this.Is New York A No Fault State for Divorce||How Much is A Divorce in New York State||

    BalasHapus
  12. This informative article provides clear and structured explanations about Arduino and its usage. It is useful for beginners and beginners alike, as it provides a comprehensive understanding of Arduino concepts and the steps needed to implement projects effectively. The article is concise and easy to understand.
    Nueva Jersey Violencia Doméstica Ley

    BalasHapus

  13. "Arduino adalah platform open-source ||How Quickly Can You Get A Divorce in New York||How Much is It for A Divorce in New York untuk pengembangan prototipe elektronik yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam proyek dengan mudah. Dengan beragam modul dan sensor yang kompatibel, pengguna dapat belajar dan mengembangkan berbagai aplikasi elektronik mulai dari otomatisasi rumah hingga robotika dengan Arduino."





    BalasHapus