Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Simulator Arduino Terbaik dan Populer Digunakan Saat Ini

simulator arduino

Bereksperimen dengan Arduino memang merupakan sesuatu yang mengasyikkan. Tetapi yang sering jadi kendala untuk para pemula adalah kesulitan dalam membeli Arduino.

Baik itu karena faktor biaya maupun karena kurangnya informasi terkait penjual Arduino. Dalam hal ini, solusi terbaiknya adalah simulator Arduino.

Apa itu simulator Arduino? yaitu sebuah software yang memungkinkan siapapun untuk bereksperimen dengan Arduino tanpa melibatkan perangkat kerasnya secara langsung.

Sehingga dengan menggunakan software ini, kita dapat membuat rangkaian dan memprogram Arduino dan breadboard secara virtual (virtual breadboard).

Jadi bisa lebih menghemat waktu dan uang. Kira-kira cocoklah untuk teman-teman yang budget-nya pas-pasan.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi simulator maka kamu bisa lebih puas mengeksplorasi Arduino tanpa harus khawatir merusak papan atau komponen rangkaianmu.

Apa sajakah aplikasi simulator terbaik dan terpopuler yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam proses belajar Arduino? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.


1. Tinkercad

tinkercad arduino simulator download
Tinkercad Arduino simulator download

Jika kita melihat beberapa aplikasi yang dibuat Autodesk sebelumnya, kebanyakan berupa software komputer untuk desain dan animasi. Tetapi pada tahun 2011, Autodesk resmi merilis software simulator elektronika yang diberi nama Tinkercad.

Tinkercad adalah aplikasi simulator elektronika open source gratis yang berbasis website. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memprogram secara langsung Arduino Uno secara virtual (Arduino uno online simulator).

Namun secara lebih umum, aplikasi ini dibuat dan dirancang khusus untuk para pengguna yang gemar dalam hal desain 3D, elektronika, dan blok kode.

Tak hanya rangkaian elektronik, di aplikasi ini juga ada gambar 3D yang akan membantu memudahkanmu dalam membuat simulasi.

Sekilas, Tinkercad online memiliki beberapa kemiripan dengan web belajar online lainnya seperti Google Classroom, Edmodo, Schoology, dan web penyedia layanan pembelajaran online lainnya. Yaitu memiliki fitur educator untuk guru dan student untuk siswa.

Dari awal dirilis hingga sekarang, pihak Tinkercad masih terus melakukan pengembangan untuk menjadi aplikasi simulator terbaik.

Meskipun demikian, aplikasi ini tetap menjadi aplikasi simulator paling trendy dan sangat direkomendasikan sebagai media belajar elektronika.

Karena berbasis website, tentu kamu tak bisa melakukan download Tinkercad lalu menginstalnya di komputer atau laptopmu.

Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk kita ke web resminya tinkercad.com untuk register mulai belajar di sana.

2. Autodesk Eagle

arduino simulator
Arduino simulator

Untuk kamu yang belum tahu, jadi EAGLE adalah singkatan dari Easily Applicable Graphical Layout Editor. Software ini dikembangkan oleh CadSoft Computer GmbH, yaitu sebuah perusahaan yang diakusisi oleh Autodesk pada tahun 2016.

Autodesk Eagle merupakan aplikasi programming dan desain elektronika dengan tampilan skematik, tata letak papan sirkuit, serta memiliki fitur router otomatis.

Software Eagle ini pertama kali dirilis pada tahun 1988, tetapi baru stabil pada tanggal 7 April 2020 dan baru tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Hongaria, Cina, dan Rusia. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

Karena memiliki banyak fitur, aplikasi ini banyak digunakan oleh para insinyur elektronika di luar sana. Adapun beberapa fitur yang dimiliki Autodesk Eagle antara lain:
  • Pilihan untuk mengedit secara skematis
  • Penggunaan kembali blok sirkuit yang ada
  • Pengaturan ukuran desain
  • Pemeriksaan aturan kelistrikan
  • Pilihan untuk mengedit dalam bentuk layout PCB
  • Tata letak skematis dan layout PCB yang selalu sinkron
  • Tata letak PCB yang berbentuk 3D
  • Komponen yang disediakan lengkap
  • Mendesain dengan teknologi baru, termasuk DDR4, PCI Express, dan USB-C
  • Antarmuka yang facelift
  • Memungkinkan pembuatan poligon secara otomatis
  • Kabel skematik klik tunggal

3. Proteus Design Suite

Proteus Design Suite
Proteus Design Suite

Proteus Design Suite merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat simulasi rangkaian elektronik otomatis.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Labcenter Electronics Ltd di Yorkshire, Inggris. Perilisan pertama aplikasi ini dilakukan pada tahun 1988 dan hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows dan Linux. Serta hanya tersedia dalam versi bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, dan Cina.

Kebanyakan para insinyur teknisi dan desain elektronik menggunakannya dalam membuat skema dan cetakan elektronik untuk pembuatan papan sirkuit cetak.

Kelebihan paling menonjol dari Proteus adalah kemampuan menyimulasikan interaksi perangkat lunak yang berjalan di mikrokontroler dengan komponen tambahan yang dihubungkan.

Proteus juga mencakup berbagai instrumen virtual board online seperti:
  • Osilloscope
  • Logic Analyzer
  • Function Generator
  • Pattern Generator
  • Counter Timer
  • Virtual Terminal
  • Voltmeter
  • Amperemeter sederhana.
Selain itu, Proteus juga menyediakan protokol mode master/slave/monitor khusus untuk SPI dan I2C. Jadi, kamu tinggal menghubungkan mereka ke jalur serial dan berinteraksi dengan data selama proses simulasi berjalan.

Proteus juga memungkinkan beberapa operasi seperti:
  • Operasi debugging
  • Diagnostik komprehensif
  • Penyimulasian bersama kode mikrokontroler level rendah dan tinggi
  • Peningkatan efisiensi, fleksibilitas, dan kualitas pada seluruh proses desain.

4. Virtronics

Virtronics simulator for arduino
Virtronics simulator for Arduino

Virtronics merupakan suatu software simulator buatan perusahaan Australia yang berbasis desktop dan dapat berjalan di sistem operasi Windows.

Beberapa keunggulan dari aplikasi Virtronics simulator for Arduino antara lain:
  • Sebagai pilihan yang baik untuk proses belajar mengajar dan menunjukkan cara kerja sketsa Arduino
  • Memungkinkan pengujian sketsa tanpa harus melibatkan perangkat keras
  • Fitur untuk melakukan debugging pada sketch
  • Digunakan untuk menunjukkan desain proyek elektronik ke pelanggan potensial
  • Memudahkan dalam pengembangan sketsa yang rumit.
Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk mengubah font, gaya, dan ukuran simulator sesuai tingkat kenyamananmu. Tetapi yang jadi kekurangannya adalah keterbatasan dalam hal library, petunjuk penggunaan, dan struktur khusus.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan pro. Saat pertama kali menggunakan, kamu akan diberikan masa trial selama 30 hari, setelah itu kamu dapat membeli versi pro dengan harga $ 17.99 AUD.

Baca Juga :

5. Autodesk Circuits

Autodesk Circuits
Autodesk Circuits

Aplikasi Autodesk Circuit merupakan aplikasi simulator berbasis web yang lahir dari kemitraan Autodesk dan Circuits.io pada musim gugur 2013.

Berbicara tentang fitur, Autodesk Circuit memiliki beberapa fitur untuk Arduino seperti serial monitor, debugger, library, dan Arduino IDE.

Aplikasi terbagi dalam dua Hub, yaitu Hub Laboratorium Elektronik dan Hub Desain PCB. Berikut masing-masing fitur yang dimiliki.

Hub Laboratorium Elektronik terdiri atas:
  • Simulasi realtime, kamu dapat merancang suatu prototipe sebelum membuat rangkaian di kehidupan nyata.
  • Pemrograman Arduino, kamu dapat melakukan pemrograman dan menyimulasikan kode. Lengkap dengan serial monitor dan library.
  • Pengeditan kolaboratif, kamu dapat mengundang orang lain untuk sama-sama mendesain sistem secara realtime.
  • Circuit scribe hub, memungkinkanmu merancang desain sirkuit lalu mencetak dan berbagi template.

Hub Desain PCB terdiri atas:
  • Skema desain, memungkinkanmu memilih atau membuat komponen sendiri
  • Layout PCB, berisi semua alat yang dibutuhkan seperti jejak tembaga, isi tembaga, dan bor, dan lainnya.

Untuk mulai menggunakan Autodesk Circuit, kamu hanya perlu berkunjung ke website resminya yaitu Circuits.io lalu membuat project. Kamu juga bisa loh membagikan projectmu ke orang lain melalui aplikasi ini.

6. Paul Ware’s Arduino Simulator

Paul Ware’s Arduino Simulator
Paul Ware’s Arduino Simulator

Aplikasi simulator yang satu ini diberi nama sesuai dengan pembuatnya, yaitu Paul Ware. Aplikasi Paul Ware’s Arduino Simulator ini bersifat gratis dan dapat dijalankan pada sistem operasi Windows.

Kemudahan yang ditawarkan dalam membuat simulasi Arduino membuatnya jadi aplikasi simulator terbaik untuk sebagian kalangan.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki yaitu:
  • Kelengkapan library, sensor, dan aktuator yang baik
  • Antarmuka grafis yang user friendly
  • Mudah dalam memodifikasi rangkaian Arduino, sensor, aktuator, program, serta sirkuitnya demi menciptakan sistem yang diinginkan.
Untuk tutorial dan cara menggunakannya, kamu bisa belajar dari beberapa tutorial yang tersedia di Youtube.

7. Simduino

unoardusim
Unoardusim

Simduino adalah aplikasi simulator komprehensif yang memungkinkan pengguna untuk menyimulasikan program dan rangkaian berdasarkan platform Arduino.

Perlu kamu tahu bahwa aplikasi ini dibayar, dirancang, serta dikembangkan khusus untuk perangkat pintar Apple. Jadi untuk pengguna Windows dan Linux belum bisa menggunakannya.

Dukungan yang baik untuk sebagian besar bahasa pemrograman Arduino, membuatnya dapat digunakan untuk menjalankan beberapa project sesuai kebutuhan pengguna.

8. ArduinoSim

arduinosim
Arduinosim

ArduinoSim juga merupakan salah satu aplikasi simulator yang memungkinkan penggunanya untuk menyimulasikan program dan perangkat keras Arduino secara virtual.

Ini adalah aplikasi yang akan memberikan pengalaman belajar yang baik karena memungkinkan penggunanya mengutak-atik rangkaian dan kode dengan mudah. Jadi, tak heran kalau ArduinoSim memiliki cukup banyak pengguna.

Aplikasi ini dibuat dengan bahasa Python, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara umum dan memiliki database luas yang tersedia secara online.

Meskipun tidak open source, tetapi aplikasi ini bersifat gratis dan dapat dijalankan pada sistem operasi Windows dan Linux.

9. Emulare Arduino Simulator

cad arduino
cad Arduino

Aplikasi simulator yang satu ini cukup unik dibandingkan aplikasi simulator lainnya. Ini karena ia mampu menyimulasikan banyak proyek Arduino sekaligus tanpa ada hambatan apapun. Jadi sangat cocok untuk kamu yang gemar multi-tasking dalam mengerjakan proyek Arduino.

Emulare dibuat khusus untuk mengerjakan proyek elektronika listrik. Dukungan library yang lengkap serta kemampuannya beroperasi pada Windows dan Linux membuatnya jadi salah satu pilihan untuk membuat simulasi elektronika.

Karena terfokus pada mikrokontroler Atmega, maka konstruksi sirkuitnya dilengkapi dengan elemen memori AVR, push button, switch, timer, lampu LED, dan beberapa komponen lainnya.

10. Yenka Electronics

Yenka Electronics
Yenka Electronics

Yenka Electronics merupakan suatu aplikasi yang memungkinmu dalam menyimulasikan rangkaian dengan lebih dari 150 komponen. Ini sangat bermanfaat untuk menguji dan menyempurnakan desainmu saat bekerja.

Beberapa kelebihan dan fitur yang dimiliki Yenka Electronics yaitu:
  • Membuat desain elektronik menjadi mudah, bahkan untuk yang tak berpengalaman sekalipun.
  • Mudah dalam melakukan perancangan sirkuit
  • Memungkinkan penggunaan sinyal analog
  • Memungkinkan penggunaan sinyal digital
  • Mendesain PCB
  • Pengeditan rangkaian yang sederhana
  • Dapat menyertakan chip PIC dan PICAXE dalam rangkaian.

11. Fritzing

breadboard simulator
breadboard simulator

Fritzing adalah aplikasi simulator yang dapat membatu para desainer menerjemahkan prototipenya menjadi produk nyata.

Aplikasi ini dibuat di Universitas Ilmu Terapan Postdam dalam bentuk open source serta dapat dijalankan di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

Intinya, Aplikasi ini memungkinkan siapa pun untuk membuat simulasi rangkaian Arduino sesuai imajinasi mereka sendiri. Pokoknya dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan dapat:
  • Mendokumentasikan desain prototipemu
  • Membagikan prototipemu ke orang lain
  • Mengajar tentang rangkaian elektronik di ruang kelas
  • Merancang dan membuat layout PCB
  • Membuat template kertas
  • Membangun sirkuit
  • Menggunakan 
  • Routing dua sisi
  • Breadboard simulator lengkap
  • Melampirkan kode pemrograman
  • Mendesain Arduino Shield dalam satu menit

Penutup

Demikianlah penjelasan seputar simulator Arduino, semoga bisa jadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat untukmu. Terima kasih!

Posting Komentar untuk "11 Simulator Arduino Terbaik dan Populer Digunakan Saat Ini"