Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arduino Starter Kit : Ulasan dan Panduan Membeli Bagi Pemula

Arduino Starter Kit

Bagi kamu yang masih sangat baru dalam dunia Arduino, mungkin akan sedikit asing dengan istilah Arduino starter kit.

Untuk itu, pada artikel ini saya akan menjelaskannya secara lengkap. Mulai dari pengertian, fungsi, tipe, harga, dan di mana saja kamu bisa membelinya. Mari kita simak ulasan seputar starter kit Arduino berikut ini.


Apa Itu Starter Kit Arduino?

Starter kit Arduino adalah suatu paket lengkap untuk belajar mikrokontroler yang memang dikhususkan bagi para pemula.

Umumnya dalam satu paket starter kit terdiri atas Arduino, komponen pendukung tambahan, dan modul belajar untuk membuat beberapa project. Baik itu yang dalam bentuk e-book maupun video interaktif.

Modul belajar Arduino yang disediakan, biasanya berisi tutorial untuk membuat beberapa project dengan berpatokan pada komponen yang tersedia di dalam paket.

Fungsi Starter Kit Arduino

Jika ditanya apa fungsinya, maka jawaban paling tepat adalah memudahkanmu dalam proses belajar arduino. Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk memilih perangkat mana saja yang kiranya cocok untuk pemula.

Karena semua perangkat yang tersedia di dalam paket memang sudah paling recomended bagi pemula. Apalagi sudah dilengkapi dengan modul Arduino berupa projects book yang sangat pas untuk kamu pelajari.

Tipe-Tipe Starter Kit Arduino

Pada dasarnya, starter kit Arduino terdiri atas tiga kategori berdasarkan pengetahuan orang yang ingin menggunakannya, yaitu:
  • Beginner, diperuntukkan bagi para pemula dalam dunia Arduino.
  • Medium, dikhususkan untuk orang yang pengetahuannya telah berada pada tingkat menengah.
  • Advance, ini adalah tingkatan kit paling tinggi. Dimana penggunanya kebanyakan sudah berorientasi di pembuatan project siap pakai.
Jadi untuk para pemula, hanya disarankan membeli paket beginner. Karena tentu materi atau tutorial yang lebih mudah dan tak serumit tipe lainnya.

Harga jual Starter Kit Arduino Beginner

Berikut ini adalah tabel harga starter kit Arduino yang  bisa kamu jadikan bahan referensi sebelum membeli.


Paket Harga
Starter kit (Arduino Original) 1 - 5 juta
Starter kit (Arduino Clone) 300 - 500 ribu

Berdasarkan tabel di atas, kamu bisa melihat bahwa juga tertera harga untuk tipe Arduino tertentu pada starter kit. Yaitu original dan clone.

Menurut pemahaman saya, suatu papan Arduino dikatakan original saat ia diproduksi oleh perusahaan resminya. Sedangkan yang dibuat oleh produsen lain itu clone.

Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa platform Arduino yang bersifat open source. Sehingga siapa pun bisa membuat papan mikrokontroler dengan nama Arduino.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa antara Arduino versi original dan clone secara fungsi nyaris tak ada perbedaan. Jadi, sama-sama layak digunakan untuk belajar maupun membuat project.

Hanya saja, kualitas dari Arduino versi original tak perlu diragukan lagi. Karena memang dibuat langsung oleh produsen resminya.

Bila kamu punya dana memadai, mungkin bisa mempertimbangkan beli yang versi original. Karena selain lebih terjamin kualitasnya, tentu ada kesan tersendirinya.

Baca Juga :

Dimana Kita Bisa Membeli Starter Kit Arduino?

1. Starter Kit dari Produsen Arduino Resmi

Jika dibandingkan yang lainnya, starter kit original dari produsen resmi Arduino tentu berada di peringkat pertama.

Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa perusahaan Arduino didirikan langsung oleh sang pencipta Arduino sendiri yaitu Mazzimo Banzi.

Jadi tentu akan lebih terpercaya bila kita membeli langsung starter kit ke perusahaan yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang Arduino. Sehingga untuk masalah kualitas, sudah pasti numeru uno dan tak diragukan lagi.

Salah satu kelebihan starter kit ini adalah panduan belajarnya yang terdiri atas beberapa bahasa asing. Diantaranya yaitu bahasa Inggris, Italia, Perancis, Spanyol, Jerman (Deutsch), Jepang, Cina, dan Korea.

Kamu bisa membeli starter kit versi original ini di situs resmi arduino dengan harga US$87.90 atau sekitar Rp1.250.000. Itu pun belum termasuk harga ongkos kirimnya dari luar negeri.

Starter kit ini telah dilengkapi tutorial membuat 15 project beserta komponen-komponen yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung ke situs resminya di store.arduino.cc .

Untuk kamu yang punya dana memadai, yah bolehlah sekali-kali membeli produk Arduino dari produsen resminya.

2. Starter Kit dari DF Robot

Kit Arduino yang satu ini  hanya tersedia dalam bahasa English. Jadi untuk masalah tutorial dan panduan belajar masih kurang cocok denganmu yang masih minim dalam berbahasa Inggris.

Tetapi tunggu dulu, kamu juga bisa membeli alatnya. Sedangkan untuk masalah modul dan tutorial ada banyak bertebaran di internet. Baik itu dari Youtube maupun situs belajar Arduino lainnya seperti aldyrazor.com.

Untuk masalah harga, kit ini dibanderol sebesar US$52.90 atau sekitar Rp735.000. Itu pun belum termasuk ongkos kirimnya.

Pada kit buatan DFRobot didalamnya sudah tersedia tutorial membuat 15 project berdasarkan komponen yang telah disediakan. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa cek langsung ke situs resminya yaitu dfrobot.com.

3. Starter Kit Dari Indobot

Bila pembahasan sebelumnya hanya kit Arduino dengan panduan bahasa asing, maka kali ini kita akan coba bahas yang dalam bahasa Indonesianya. Salah satunya adalah produk dari Indobot.

Selain merupakan produk asli buatan anak Indonesia, kit ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Yaitu sekitar Rp. 548.000 dan belum termasuk ongkos kirim.

Kit dari Indobot ini sudah dilengkapi tutorial membuat 18 project dalam bahasa Indonesia berdasarkan komponen yang disediakan. Dimana semuanya telah dikemas langsung pada bentuk CD (Compact Disk).

Sehingga ketika ingin belajar, kamu hanya perlu memasukkan CD tersebut ke laptop atau komputer untuk melihat materinya.

4. Starter Kit dari Arduino Indonesia

Jika melihat kata akhiran dari nama produsennya, tentu kamu sudah bisa menebak dalam bahasa apa buku panduan belajarnya dibuat. Yah, dalam bahasa Indonesia.

Starter kit ini terdiri atas Arduino Uno R3 dan tutorial 50 project Arduino berdasarkan 50 macam komponen tambahan yang disediakan.

Terbilang sangat lengkap bukan? Tetapi dari segi harga, tentu sebanding dengan kelengkapan yang ditawarkan.

Untuk membeli kit ini, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. Rp.1.099.000 dan belum termasuk ongkos kirim.

Apabila harga tersebut masih terlalu mahal untukmu, tenang saja. Masih ada paket yang lebih murah dari itu.

Pihak Arduino Indonesia juga menyediakan variasi paket Arduino dengan harga murah. Ada yang harganya kisaran 100, 200, 400, dan 500 ribu. Tinggal menyesuaikan saja kondisi keuanganmu.

Namun seperti yang saya katakan sebelumnya. Bahwa harga yang murah tentu kelengkapannya juga sedikit.

5. Starter Kit Arduino dari Shopee

Meskipun shopee bukanlah suatu produsen Arduino, tetapi disini kamu bisa menemukan starter kit yang harganya mungkin cocok untukmu. Dari paling mahal bahkan sampai termurah sekalipun ada.

Kamu bisa men-download aplikasinya atau berkunjung langsung ke website-nya. Ketikan kata kunci starter kit Arduino.

Nanti akan muncul berbagai macam starter kit dengan berbagai variasi harga. Tinggal memilih mana yang kiranya cocok dengan kondisi keuanganmu.

Namun kamu perlu hati-hati dengan kit Arduino yang harganya sangat murah. Karena mungkin saja kualitas arduinonya buruk, komponennya sedikit, atau bisa jadi tutorial project-nya tidak ada.

Solusi Jika Dana Tak Cukup Untuk Membeli Starter Kit

Untuk kamu yang dananya terbatas dan tak bisa membeli starter kit, tidak masalah bila ingin membeli Arduino beserta komponennya secara terpisah.

Selain lebih menghemat uang, kamu juga bisa terhindar dari membeli komponen yang sebenarnya tak dibutuhkan dalam project-mu.

Sedangkan untuk tutorial dan panduan belajar, saya pikir itu bukanlah masalah berarti. Mengingat saat ini kita sudah berada dalam era teknologi yang semuanya sudah banyak tersedia di internet.

Jadi sudah tak ada alasan lagi tidak belajar Arduino karena dana belum mencukupi untuk membeli starter kit.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya seputar Arduino starter kit. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terima kasih dan selamat belajar!

Posting Komentar untuk "Arduino Starter Kit : Ulasan dan Panduan Membeli Bagi Pemula"