Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor Paling Mendasar

Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

Dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan di dunia maya seringkali terjadi kesalahpahaman terhadap perbedaan mikrokontroler dan mikroprosesor.

Pemahaman terhadap apa perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler seringkali tertukar dan kadang membuat beberapa orang kesulitan dalam membedakannya.

Apa perbedaan mikrokontroler dengan mikroprosesor? Sederhananya, perbedaan yang paling dasar yang mudah kita identifikasi adalah dari makna katanya.

Dalam bahasa inggris microcontroller bisa diartikan sebagai pengendali kecil, dan microprocessor bisa diartikan sebagai pengolah kecil.

Meskipun sama-sama menggunakan kata mikro, perbedaannya sudah sangat jelas. Mikrokontroler adalah alat mikro yang digunakan untuk pengendali (control), sedangkan mikroprosesor merupakan alat yang digunakan untuk mengolah atau memproses data.

Selain perbedaan tersebut, masih ada poin-poin perbedaan lain yang wajib diketahui terkait mikrokontroler dan mikroprosesor. Berikut ini adalah poin tersebut.


Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Pengertian Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler adalah suatu komputer chip tunggal atau IC yang didalamnya sudah ada prosesor, memori, dan peripheral tambahan lain.

    Mikroprosesor adalah alat yang bekerja sebagai pusat pengendali dan pengolahan data pada sistem komputer mikro yang didalamnya terdiri atas prosesor dan beberapa ic pendukung.


    Kelengkapan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler telah dilengkapi dengan CPU, memori, Input/output, dan kelengkapan pendukung lainnya. Sedangkan mikroprosesor hanya memiliki CPU (Central Processing Unit) dan beberapa IC pendukung.


    Fungsi Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler memiliki fungsi utama sebagai pengontrol kerja mesin atau sistem menggunakan program yang ada di ROM. Sedangkan Mikroprosesor hanya berfungsi memproses data layaknya CPU.


    Gambar Ilustrasi Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    apa perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler


    Bagian Utama Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    a. Mikrokontroler

    perbedaan mikrokontroler dengan mikroprosesor

    Bagian utama yang dimiliki mikrokontroler beserta fungsinya antara lain:

    • Prosesor,berfungsi untuk memproses data layaknya CPU
    • Memori, berfungsi sebagai penyimpanan data pada mikrokontroler
    • Input/Output, berfungsi sebagai bagian yang terhubung langsung pada perangkat luar.
    • Timer/Counter, berfungsi untuk melakukan penjadwalan waktu serta menghasilkan sinyal dalam frekuensi dan periode tertentu.


    b. Mikroprosesor

    Contoh Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikroprosesor memiliki bagian utama yaitu:

    • ALU (Arithmetic Logic Unit), berfungsi untuk melakukan operasi logika dan matematika.
    • CU (Control Unit), berfungsi melakukan eksekusi terhadap instruksi yang didapat dari memori.
    • Register, berfungsi sebagai tempat menampung data sementara yang berasal dari memori sebelum diproses di ALU.


    Contoh Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Beberapa contoh dari mikrokontroler adalah Arduino, Stmicro, Raspberry Pi, dan sebagainya. Sedangkan contoh dari mikroprosesor yaitu Intel Pentium, Intel Core I3, I5, I7, dan Amd A7.


    Penempatan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    a. Mikrokontroler

    Mikrokontroler biasanya ditempatkan pada perangkat yang mengerjakan tugas secara spesifik dan membutuhkan pendefinisian input/output. 

    Misalnya seperti kamera, mesin cuci, dan sejenisnya. Kebanyakan mikrokontroler ditempatkan pada proyek-proyek IOT.


    b. Mikroprosesor

    Mikroprosesor umumnya ditempatkan pada perangkat yang mengerjakan tugas tidak spesifik, kompleks dan membutuhkan komputasi yang berat seperti mengembangkan perangkat lunak, game, situs web, mengedit foto, atau membuat dokumen.


    Kecepatan Clock Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler umumnya bekerja dengan kecepatan 1 MHz sampai 300 MHz. Sedangkan Mikroprosesor sendiri mampu bekerja hingga kecepatan 1 GHz sampai 4 GHz.


    Kemampuan Olah Data Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Karena kapasitas memori dan kecepatan prosesor yang rendah, mikrokontroler hanya dapat mengolah sedikti data. Berbeda jauh dengan mikroprosesor yang mampu mengolah banyak data sekaligus.


    Harga Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Dari segi biaya, mikrokontroler cenderung lebih murah dibandingkan mikroprosesor karena menggunakan semikonduktor metal oxide yang murah.


    Arsitektur Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Umumnya mikrokontroler menggunakan arsitektur Harvard dimana data dan instruksi diletakkan pada memori yang terpisah. Beberapa jenis arsitektur yang digunakan yaitu 8-bit, 16-bit, dan 32-bit.

    Sementara mikroprosesor menggunakan arsitektur Von Neuman dengan data dan instruksi yang diletakkan pada memori yang sama. Mikroprosesor saat ini biasanya menggunakan arsitektur 32-bit dan 64-bit.


    Upgradeable Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler tidak dapat di upgrade spesifikasinya (Flx). Sedangkan mikroprosesor bisa diupdate.


    Penggunaan Daya Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Mikrokontroler memiliki konsumsi daya yang kecil karena memang sudah didesain dengan mekanismu power saving.

    Sedangkan mikroprosesor menggunakan daya yang besar karena membutuhkan komputasi yang kompleks serta beberapa perangkat eksternal tambahan.


    Maintenance Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Apabila mikrokontroler rusak maka itu sudah tak dapat digunakan lagi. Sedangkan apabila mikroprocessor rusak maka masih bisa di-maintenance dengan mengganti beberapa komponen yang bermasalah.


Penutup

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan mikrokontroler dan mikroprosesor. Semoga setelah selesai membaca postingan ini sobat sudah bisa membedakan kedua komponen tersebut. Terima kasih dan teruslah belajar!

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini:

1 komentar untuk "Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor Paling Mendasar"

  1. Microcontrollers are integrated circuits designed for specific tasks, typically embedded in devices like washing machines or microwave ovens, while microprocessors serve as the brain of computers, executing general-purpose instructions and tasks.||Quick Divorce New York ||File for Divorce in New York


    BalasHapus