Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menginstal Driver Arduino CH340 Terbaru

driver arduino

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya untuk dipelajari sebelum mulai belajar Arduino adalah bagaimana cara menginstal driver Arduino CH340.

Sifat Arduino yang open source menyebabkan semakin banyaknya pihak memproduksi Arduino dan memunculkan beragam variasi.

Termasuk penggunaan chip CH340 yang mengharuskanmu untuk paham cara instal driver CH340 terbaru di laptop atau komputermu.

Apa itu driver CH340 Arduino?Yaitu suatu perangkat lunak yang berfungsi sebagai antarmuka komunikasi serial dan uploading program dari komputer ke papan sirkuit Arduino.

Sebelum itu, mari kita ulas terlebih dahulu beberapa penjelasan seputar driver Arduino Uno CH340 sebagai driver tambahan.


Mengenal Driver CH340 Untuk Arduino

Driver CH340 merupakan driver yang berperan sebagai antarmuka komunikasi serial yang menghubungkan komputer dengan jenis Arduino yang menggunakan chip CH340.

Karena driver CH340G untuk Arduino tak ter-include di Arduino IDE, maka kamu harus men-download dan menginstalnya secara terpisah.

Apa itu Chip CH340?

Chip CH340 merupakan suatu chip serial TTL yang fungsinya untuk melakukan komunikasi serial dari komputer ke IC mikrokontroler dengan protokol komunikasi UART serial dan melalui konektivitas fisik kabel USB.

Penggantian chip komunikasi serial dengan chip CH340 pada Arduino kloningan banyak dilakukan oleh para produsen China dengan tujuan untuk menekan biaya produksi.

Meskipun demikian, Arduino kloningan secara fungsi nyaris tak ada perbedaan dengan yang versi originalnya. Baik itu dalam hal fungsi pin input/output, komunikasi serial, maupun lain sebagainya.

Beberapa jenis perangkat yang menggunakan chip CH340 adalah Arduino Uno SMD, Arduino Nano, Wemos D1 Mini, Node MCU v.1 Amica, STM32, ESP8266 dan sebagainya.

Coba lihat letak chip CH340 pada perangkat berikut.

cara instal driver arduino


Mengapa Harus Menginstal Driver Tambahan Arduino Terbaru Seperti CH340?

Keharusan menginstal driver Arduino CH340 didasari atas fakta bahwa ada beberapa seri Arduino yang menggunakan chip CH340 sebagai chip komunikasi serialnya.

Nah, jenis board yang satu ini akan memunculkan masalah port Arduino tidak terbaca jika tak diinstalkan driver tambahan terlebih dahulu di komputermu.

Maka dari itu, kamu perlu download driver Arduino Uno SMD atau jenis apapun itu sebelumnya.

Fakta Driver CH340

Mungkin kebanyakan dari kamu banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya driver CH340G ini cukup sering di-update oleh pihak developer-nya.

Penyebab utama mengapa banyak orang tak mengetahuinya adalah karena website mereka berbahasa Mandarin. Ini tak terlepas dari fakta bahwa WCH memang asalnya dari Tiongkok.

Jadi wajar saja jika website mereka jarang atau bahkan tidak pernah muncul di pencarian Google saat kamu ingin mencari update-tan terbaru dari driver CH340.

Akibatnya, kebanyakan orang hanya download driver Arduino CH340 versi lama yang tersedia di website-website lain.

Perlu kamu ketahui bahwa driver versi lama itu cenderung kurang teroptimasi kecepatan dan stabilitasnya dibandingkan versi terbaru.

Untuk itu, akan jauh lebih baik bila kamu download driver CH340 versi terbaru langsung di website resmi developer-nya.

Bagaimana Cara Menginstal Driver Arduino CH340

Berikut ini adalah langkah-langkah cara install driver Arduino Uno tambahan:
  1. Download terlebih dahulu USB driver CH340 nya. Terserah kamu mau download CH340 yang sembarang versi atau dari situs resminya.

  2. Ekstrak file yang kamu download tadi sehingga seperti pada tampilan di bawah ini.

  3. cara install driver Arduino Uno

  4. Buka file “SETUP” untuk melakukan instalasi.

  5. Apabila sudah muncul tampilan seperti di bawah ini, maka selanjutnya pilih “INSTAL”.

  6. Driver Arduino CH340

  7. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan berikut.

  8. Apa itu driver CH340

  9. Sampai disini, kamu sudah berhasil menginstal driver Arduino. Namun untuk memastikannya, kamu bisa membuka “Device Manager” lalu memilih “Port”. Jika berhasil terinstal nanti disitu akan ada terbaca “USB-SERIAL CH340”. Kira-kira seperti gambar di bawah ini.

  10. driver Arduino Uno CH340

  11. Selesai

Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya tentang panduan cara menginstal driver Arduino CH340 versi terbaru sampai selesai.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan terkait postingan ini, maka tak usah ragu untuk menuangkannya di kolom komentar. Saya pastikan untuk menjawabnya sebaik mungkin.


Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Cara Menginstal Driver Arduino CH340 Terbaru"